Bahaya dan Efek Samping Daun Binahong Bagi Kesehatan

Daun binahong merupakan salah satu jenis tanaman dari negeri ginseng (korea). Sudah lama masyarakat korena menggunakan tanaman ini untuk dijadikan sebagai obat tradisional. Sementara di negara Indonesia sendiri, daun binahong ini dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang berat.

Efek Samping daun binahong

Efek samping daun binahong dapat kita lihat dari cara meracik ramuan tradisional dari daun binahing. Namun sebelum kita membahas tentang efek samping daun binahong bagi kesehatan, ada baiknya kita memahami dulu tentang manfaat dari daun binahong. Berikut dibawah ini adalah manfaat kandungan dari daun binahong untuk menyembuhkan penyakit.

Daun binahong sendiri memiliki kandungan kimia alami setelah diteliti oleh para ahli. Namun dipastikan bahwa daun binahong memiliki dampak framakologis dengan kandungan antioksidan tinggi dan antivirus. Walaupun kandungan senyawa yang terdapat pada daun binahong masih belum dipastikan, namun daun binahong sangat dipercayai memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan.

  • Melawan penyakit kanker

Kandungan antioksidan yang berada didalam daun binahong diyakini oleh para ilmuan mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh sebagai faktor penyebab penyakit kanker. Dengan antioksidan dalam jumlah tinggi ini maka daun binahong mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

  • Menyembuhkan maag

Selain mampu menyembuhkan penyakit kanker, kandungan yang terdapat pada daun binahong ini juga berkhasiat dalam mengobati sakit maag. Karena para penelitian telah mengklaim bahwa kandungan yang terdapat pada daun binahong bisa dijadikan sebagai bahan pencegah penyakit lambung seperti asam lambung dan maag.

  • Mengobati rematik

Penyakit rematik juga mampu disembuhkan dengan daun binahong, dengan cara meraciknya sesuai dengan ketentuannya. Karena kandungan daun binahong mampu menghurangi bahkan menghilangkan rasa sakit dari penyakit rematik ini.

  • Mengobati noda hitam di wajah

Selain berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, daun binahong ternyata juga sangat bermanfaat dalam mengatasi flek hitam di wajah. Adapun caranya dengan memanfaatkan daun binahong yang masih segar agar bisa diperas untuk mendapatkan air perasannya dan dioleskan pada flek hitam yang terdapat pada wajah.

Bahaya dan efek samping daun binahong

Daun binahong memiliki kandungan efedrin yang disebut dengan ephedra dan sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, gangguan otot, kejang, serangan jantung, kehilangan kesadaran bahkan kemaian. Setiap obat herbal yang memiliki kandungan efedrin sangat perlu diambil dengan sangat hati-hati den harus diawasi oleh seseorang yang sudah profesional dalam dunia medis. Daun binahong juga bisa menyebabkan gelisah, pusing, insomnia, menurun nafsu makan, sakit kepala , mual, muntah, flushing, kesemutan, dan kesulitan buang air kecil serta organ jantung yang berdetak tidak normal.

Baca Juga : Efek Samping Daun Kelor

Jangan cemas gunakan daun binahong ini stumulan  lainnya kafein. Hal ini bisa meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping yang cukup serius, termasuk bisa mengancam nyawa. Sumber kafein merupakan kopi, teh dan kacang kola. Bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *