Bahaya, Efek Samping Daun Sirsak Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Daun sirsak merupakan salah satu bahan alternatif yang sering digunakan untuk dijadikan bahan pengobatan dan terapi untuk penyakit kanker, dikarenakan daun sirsak ini memiliki berbagai kandungan senyawa yang dipercayai oleh para penelitian memiliki kemampuan untuk melawan pertumbuhan sel kanker yaitu senyawa acetogenins. Bahkan banyak para ilmuan yang telah mengatakan bahwa senyawa ini mampu mengalahkan kemampuan dari obat kemoterapi. Selain mampu melawan pertumbuhan sel kanker air rebusan dari daun sirsak ini juga dipercayai mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit contohnya seperti gejala asam urat, kolesterol, hipertensi dan penyakit lainnya.

Bahaya, Efek Samping Daun Sirsak Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Selain memiliki berbagai kandungan senyawa yang berkhasiat untuk kesehatan, namun ternyata ada bahaya yang bisa melanda pada seorang wanita hamil terutama pada kandungan ibu hamil. Hal ini karena apabila seorang wanita hamil mengonsumsi rebusan air daun sirsak akan mengakibatkan muntah dan akan menekan system kardiovaskular serta akan menyebabkan kontraksi pada rahim wanita hamil. Selain berbahaya bagi ibu hamil, air rebusan daun sirsak ini juga memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh :

  • Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu faktor penyebab wasir, biasanya hal ini diakibatkan karena tubuh kekurangan makanan yang mengandung serat. Akan tetapi bagi anda yang melakukan pengobatan dengan air rebusan daun sirsak ini maka kondisi efek samping ini akan segera terasa setelah melakukan terapi. Hal tersebut disebabkan karena senyawa dalam daun sirsak banyak mempengaruhi lendir pada usus sehingga organ usus ini tidak dapat menyerap sari makanan dengan baik.

  • Tubuh tidak nyaman

Efek lain yang akan terjadi adalah panas pada tubuh yang berlebihan. Kondisi ini dikarenakan senyawa dalam daun sirsak banyak merubah proses metabolisme tubuh. Sebenarnya tubuh memiliki sistem yang sudah sesuai dengan fungsi organ, namun saat adanya senyawa tertentu yang masuk kedalam saluran pencernaan lalu diserap oleh tubuh, maka akan ada gangguan hormon dan enzim. Gejala masalah pada metabolisme tubuh akan ditunjukan dengan tanda tubuh mengeluarkan keringan yang berlebihan, nafsu makan berkurang, perut panas, lemah dan gelisah.

  • Nyeri otot dan persendian

Masih belum jelas ada hubungan apa antara senyawa daun sirsak dengan efek nyeri otot dan persendian. Kondisi ini sangat sering dirasakan oleh orang dewasa dan usia lanjut yang sebelumnya sudah memiliki keluhan nyeri otot dan persendian. Jadi senyawa dalam daun sirsak kemungkinan dapat memperparah penyakit tertentu seperti asam urat. Selain itu juga bisa memperparah pada penderita penyakit rematik tulang. Namun ternyata semua efek ini akan hilang apabila tubuh juga tidak menerima air rebusan daun sirsak.

Baca juga : Bahaya dan Efek Samping Daun Kelor Bagi Kesehatan

Itulah bahaya dan efek samping daun sirsak bagi kesehatan ibu hamil, Semoga dengan anda memahami tentang efek samping daun sirsak, tidak sekali-kali untuk mengonsumsi air rebusan daun sirsak disaat sedang hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *