Cara Pengolahan, Pembuatan Ramuan Daun Kelor Untuk Obat

Cara Pengolahan, Pembuatan Ramuan Daun Kelor Untuk Obat | Berbicara tentang dunia tanaman di negara Indonesia, tentu negara Indonesia memang gudangnya berbagai jenis tanaman dengan bermacam-macam khasiatnya. Salah satunya adalah tanaman kelor. Kelor atau yang disebut juga sebagai merunggai ini adalah sejenis tanaman dari suku Moringaceae dengan memiliki tinggi batang kurang lebih sekitar 7 sampai 11 meter. Daun pada tanaman kelor ini sangat sering dicari oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai bahan dasar membuat ramuan obat tradisional. Bentuk daun kelor bulat lonjong dan memiliki warna hijau, anda mungkin akan langsung mengenalinya apabila sudah melihat daun kelor ini.

Bentuk daun kelor

Daun kelor yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan mungkin masih belum banyak orang yang mengetahuinya. Daun kelor memiliki kandungan yang sangat baik untuk dijadikan ramuan obat tradisional, karena didalam daun kelor ini terkandung senyawa-senyawa yang bisa dijadikan sebagai nutrisi pada tubuh. Contohnya seperti teh yang terbuat dari daun kelor terkandung polyphenol tinggi yang bermanfaat sebagai antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan sangat baik untu mendetoksifikasi tubuh bahkan bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Minum teh yang terbuat dari daun kelor juga bisa membantu dalam menjaga kesehatan kulit apabila diminum secara teratur.

Selain itu daun kelor memiliki kandungan potassium 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan pisang, kalsium 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Didalam daun kelor juga terdapat kandungan vitamin C yang kadarnya 7 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk, selain itu juga kandungan vitamin A dalam daun kelor juga berkali lipat dibandingkan dengan wortel, protein yang terkandung dalam daun kelor ini dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan susu, maka tidak heran apabila masyarakat banyak mencari daun kelor dan ingin di olah untuk dijadikan sebagai bahan dasar obat alami.

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat didalam daun kelor ini sangat bermanfaat dalam mengatasi penyakit herpes, alergi, sakit mata, rematik bahkan mampu menghambat dan menghancurkan pertumbuhan sel kanker lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi. Dan masih banyak manfaat daun kelor untuk mengobati penyakit.

Namun kebanyakan orang masih banyak yang bertanya-tanya tentang bagai mana cara mengolah daun kelor untuk dijadikan obat alami ?. Jangan bingung karena disini saya akan memberikan informasi tentang cara mengolah daun kelor untuk dijadikan ramuan obat alami yang benar.

Dari beberapa narasumber yang saya ambil ternyata pengolahan daun kelor bisa dijadikan serbuk sehingga bisa ditaburkan pada makanan atau dicampurkan dengan minuman seperti jus ataupun sirup. Berikut dibawah ini adalah cara mengolah daun kelor

  • Siapkan daun kelor yang dibutuhkan
  • Bersihkan daun kelor terlebih dahulu
  • Keringkan daun kelor
  • Setelah kering tumbuk sampai halus
  • Saring hasil tumbukan daun kelor
  • Masukan dalam wadah tertutup
  • Siap untuk dikonsumsi, baik dicampurkan pada makanan atau juga minuman

Baca Juga :Bahaya dan Efek Samping Daun Kelor Bagi Kesehatan

Cara Pengolahan, Pembuatan Ramuan Daun Kelor Untuk Obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *